Gaya Balap “Jadul” Aleix Espargaro Saat Belok Kanan Ternyata Justru Lebih Cepat?

Gaya balap Aleix saat belok kanan, terkesan seperti gaya balap jaman dulu } Foto : MotoGP

BalapMotor.Net – Gaya balap Aleix Espargaro saat belok kanan bisa dikatakan masih menggunakan gaya balap jadul. Dibandingkan dengan para pembalap lainnya, Aleix saat belok kanan tidak merebahkan badan dan kepalanya, justru sebaliknya. Gaya balap seperti ini seperti gaya balap pada era 2000an awal.

Meski demikian, gaya balap dari pembalap Aprilia Racing saat belok kanan ini justru terbukti lebih kencang. Aleix sendiri mengatakan bahwa gaya balap saat belok kanan berbeda dengan saat belok kiri, dimana saat belok kiri, badan dan kepalannya ikut rebah seperti kebanyakan para rider MotoGP saat ini.

LENKA MiniGP SSS Racing

“Terkadang kita juga harus menganalisa gaya mengemudi kita sendiri. Banyak orang mengatakan bahwa saya memiliki lebih banyak gaya mengemudi jadul,” ungkap Aleix Espargaro yang dikutip penulis dari Speedweek.

Dibandingkan dengan Marc Marquez, gaya balap Aleix memang jauh berbeda | Foto : MotoGP
Contohnya di Portimao

“Dibelakang Zarco (saat di Portiamo) saya kehilangan banyak waktu ditikungan 4 dan 5, itu adalah tikungan kiri. Di sana saya menyandarkan tubuh saya lebih jauh dan kehilangan daya tarik di sana. Lalu saya adalah pembalap tercepat di sektor terakhir Portimao dengan dua tikungan kanan panjang. Tapi saya hampir tidak menyandarkan tubuh saya di sana karena tangan kanan saya menarik gas, tetapi saya mendapatkan hampir setengah detik dari Zarco,” tambahnya.

Aleix Espargaro sendiri juga terus menganalisa bersama track analyst dan tester tim Aprilia yaitu Matteo Baiocco. Sebenarnya Aleix ternyata juga tidak menyukai saat berbelok ke kanan karena gaya balapnya yang tidak bisa menyandarkan tubuhnya tersebut.

Tetapi, sepertinya gaya tersebut justru cocok dengan ban Michelin. “Ini benar-benar aneh dengan ban Michelin, ini tentang hal-hal kecil. Tetapi penting untuk memahami di mana tempat terbaik dalam hal traksi motor. Ini juga tentan di mana anda meletakan beban dan di mana,” ujar Aleix.

“Seringkali hanya masalah kemiringan beberapa derajat, tetapi perbedaannya sangat besar. Secara umum, saya tidak suka gaya mengemudi saya di tikungan kanan. saya benar-benar kurang bersandar di sana, tetapi itu sangat cepat,” tambahnya.

GM-helm VND Racing PARD