Fix, MotoGP 2021 Tetap Menggunakan Spek Musim Ini, Demi Penghematan?

Fix, MotoGP 2021 Tetap Menggunakan Spek Musim Ini, Demi Penghematan? | Foto : MotoGP
GM-helm

BalapMotor.Net – Demi penghematan para peserta gelaran MotoGP yang finansialnya terdampak oleh pandemi Covid-19, maka Grand Prix Commision (GPC) akan menggunakan homologasi mesin dan fairing serta rangka MotoGP tahun ini atau tahun sebelumnya untuk tahun 2021.

Jadi peserta tidak diperbolehkan melakukan pengembangan untuk musim balap 2021. Spesifikasi dari mesin dan fairing serta rangka yang boleh digunakan untuk musim 2021 sendiri adalah spek yang sudah didaftarkan untuk homologasi pada awal tahun ini.

Sebelumnya, saat pertemuan virtual Asosiasi produsen MotoGP, Ducati memberikan usul agar satu pembalap dibatasi hanya satu motor saja. Tetapi, saran tersebut ditolak oleh lima pabrikan lainnya.

Mesin Ducati MotoGP | Foto : MotoGP

Berikut perubahan regulasi yang sudah disetujui oleh Grand Prix Commission :

Untuk Musim 2020

Untuk musim 2020 sendiri, tidak akan ada pembaruan dari bagian yang dihomologasikan pada awal tahun ini. Ini berlaku untuk semua pabrikan, baik non konsesi maupun yang mendapatkan konsesi.

Untuk Musim 2021

Baik pabrikan non konsesi dan konsesi harus memulai musim 2021 menggunakan suku cadang yang dihomologasikan pada Maret 2020 ini. Setelah itu, peraturan pengembangan normal akan berlaku untuk sisa musim 2021, karena peraturan saat ini berarti tidak ada evolusi mesin untuk pabrikan non-konsesi dan hanya satu pembaruan aero body per pengendara untuk semua produsen.

Jadi pada intinya, pabrikan di MotoGP tidak boleh melakukan pengembangan mesin untuk musim balap 2020 dan 2021. Mereka baru diperbolehkan melakukan pengembangan pada sisa musim 2021 untuk bersiap menghadapi musim 2022.

SSS Racing