Ducati Masih Prioritaskan MotoGP Ketimbang Moto3, Musim Depan Targetnya Juara Dunia

ducati-masih-prioritaskan-motogp-ketimbang-moto3-musim-depan-targetnya-juara-dunia
Ducati prioritaskan MotoGP ketimbang Moto3 | Foto: Crash
Yamaha

BalapMotor.Net – Ducati masih prioritaskan MotoGP ketimbang Moto3, menurut Gigi Dall’Igna proyek Moto3 sangat penting buat mengembangkan bakat para pembalap muda dan tentunya juga buat Ducati. Sayangnya, Ducati saat ini masih fokus untuk menyelesaikan pekerjaan di MotoGP.

“Saya pikir Moto3 adalah kelas yang penting untuk mengembangkan bakat para pembalap muda. Jadi saya masih punya keyakinan bahwa Ducati akan ikut ambil bagian di kelas itu, karena itu sangat penting. Tetapi prioritas kami adalah menyelesaikan pekerjaan di MotoGP,” ucap Dall’Igna.

Musim depan tentu targetnya tak main-main buat Ducati, setelah dua musim berturut-turut Dovizioso menyabet posisi runner up, kini ia berharap bisa meraih juara dunia pertamanya sejak Casey Stoner pada musim 2007 silam.

“Saya pikir kami sudah berhasil mempertipis gap dari segi kecepatan di tikungan. Sekarang kami akan terus pertipis jarak dengan Honda, terutama di area dimana Honda unggul, tanpa harus kehilangan apapun. Tentunya kita harus terus menekan dan tingkatkan lagi di area itu,” lanjut Dall’Igna.

Musim depan Ducati punya motor yang lebih sedikit dibanding pada 2018, Dall’Igna jelaskan ini adalah kemunduran dari segi pendapatan tapi dengan adanya dua spesifikasi di grid (GP19 atau GP18) lebih mudah bagi Ducati untuk mengelola suku cadangnya, dll. Tentu dari segi teknis, Ducati mengambil langkah maju.

“Tahun depan kami memiliki dua motor lebih sedikit, dari segi pendapatan tentu tidak menguntungkan, karena banyak tim membantu finansial kami. Tetapi akhirnya kami menyederhanakan sistem, karena tentunya sulit mengelola (suku cadang, dll) ketika memiliki tiga spesifikasi yang berbeda di grid. Musim depan, kami turun dengan tiga motor spek 2018, tiga lainnya spek 2019. Memang kami akan mendapatkan sedikit uang, tetapi penyederhanaan ini adalah langkah maju,” papar Dall’Igna.

Ducati dipastikan akan memiliki dua spek di MotoGP 2019, yaitu GP19 dan GP18. GP19 dipastikan akan digunakan oleh dua pembalap pabrikan, ditambah dengan Jack Miller, sementara itu Bagnaia dan duo Avintia Ducati akan mengendarai GP18. [DK]

SSS Racing GM-helm