Dorna Kaji Ulang Balapan Basah Malam Hari di Qatar, Dianggap Ancam Keselamatan Pembalap

dorna-kaji-ulang-balapan-basah-malam-hari-di-qatar-dianggap-ancam-keselamatan-pembalap
Dorna akan kaji ulang balapan basah malam hari MotoGP Qatar | Foto: Crash

BalapMotor.Net – Dorna akan mengkaji ulang balapan di Qatar sebagai tempat tes pra-musim juga seri pembuka MotoGP, pasalnya masih layak atau tidak balapan basah malam hari di sirkuit ini, pasalnya jika turun hujan deras beberapa kali selalu hadirkan kendala.

Bukan hanya soal kendala saja, Dorna juga anggap jika balapan basah malam di hari Qatar bisa ancam keselamatan pembalap. Para pembalap tidak khawatirkan kondisi ini selama tes, namun ketika balapan pembalap mengeluh karena jika hujan deras angin juga kencang, ditambah lagi kondisi fisik harus benar-benar prima.

LENKA MiniGP SSS Racing

“Hasil suara beragam di Komisi Kemanan. Jadi (keputusan akhir) ditunda. Pada dasarnya, ketika kondisi trek yang basah pada saat tes, para pembalap menanggap itu baik-baik saja. Mereka khawatir manakala hujan deras turun. Jadi ini perlu dikaji ulang dan jelas kita tidak bisa membuat kesimpulan yang dibuat-buat,” kata Manajer Sporting Dorna, Carlos Ezpeleta.

Pada 2009 lalu, MotoGP Qatar mengalami penundaan karena terjadi hujan deras dan badai, balapan yang semula dijadwalkan akhir pekan akhirnya berlangsung satu hari berikutnya, sementara pada 2017 di sirkuit yang sama kembali alami masalah akibat turun hujan deras, drainase di trek tidak berfungsi dengan baik, menyebabkan sesi kualifikasi dibatalkan dan saat balapan berlangsung sempat ditunda 45 menit.

Pada gelaran MotoGP musim ini, balapan di Qatar berlangsung lebih awal yang semula jam 9 malam menjadi 7 malam, hasilnya penyelenggaraan jauh lebih baik dan ini dilakukan untuk antisipasi hujan deras, namun tetap perlu dikaji lagi untuk musim depan, mengingat cuaca selalu sulit diprediksi. [DK]

GM-helm VND Racing PARD