Doohan: Tinggalkan Honda, Marc Marquez Tetap Bisa Jadi Juara Dunia

doohan-tinggalkan-honda-marc-marquez-tetap-bisa-jadi-juara-dunia
Doohan yakin Marquez masih bisa jadi juara dunia meski tinggalkan Honda | Foto: autosport
Yamaha

BalapMotor.Net – Mick Doohan mengatakan kepada media bahwa Marc Marquez masih memenangkan gelar juara dunia jika saja nantinya harus meninggalkan Honda. Musim ini The Baby Alien baru saja mengukuhkan gelar juara dunia kelimanya di MotoGP sekaligus berhasil membawa Honda merebut Triple Crown.

Kontraknya bersama Honda akan berakhir pada 2020 mendatang, banyak spekulasi yang bermunculan mengenai masa depannya, satu diantaranya adalah Marquez dikaitkan dengan Ducati meski kontraknya baru berakhir dua musim lagi.

Sang legenda MotoGP lebih lanjut menjelaskan bahwa Marc Marquez dengan kemampuan membalapnya yang baik, masih bisa meraih gelar meski tak lagi bersama Honda, karena Doohan yakin pindah dari Honda tidak akan menghambat prospeknya.

“Di era saya, ada sekitar tujuh motor Honda yang berada di grid, tetapi pemenangnya selalu sama. Jadi, saya pikir pembalap seperti Marc akan selalu membuat perbedaan dan untungnya dengan balap motor, Anda membutuhkan motor bagus, namun pembalap akan membuat perbedaan,” ujar Doohan dalam wawancara bersama kepada autosport.com dan motogp.com.

“Seperti halnya di masa lalu, banyak pembalap yang memutuskan untuk hijrah ke pabrikan lain. Beberapa dari mereka berhasil, tetapi ada juga yang gagal. Saya pikir jika Marc memutuskan untuk pindah ke pabrikan yang berbeda, ia masih bisa menang. Anda melihat itu dengan Valentino, dan Eddie Lawson. Seorang pembalap yang kuat akan tetap pembalap yang kuat,” tambahnya.

Akan tetapi, Doohan kemudian mengatakan, Marc Marquez tidak perlu mencoba dan membuktikan apa pun lewat kepindahan ke pabrikan lain, karena para rival hanya ingin terlihat lebih baik dari apa yang diraih oleh Marquez.

“Itu konyol. Jika itu datang dari kompetisinya, mereka sudah tahu seberapa kuat dia di [atas] motor. Sangat disayangnkan memang belum ada pembalap yang mampu tampil mendominasi seperti dia di era ini. Beberapa dari rivalnya mencoba hijrah ke pabrikan lain, tapi tak bisa memanfaatkan potensi maksimal motornya, sementara Marc punya kemampuan yang baik ditambah mampu mengeluarkan potensi terbaik motornya,” papar Doohan. [DK]

SSS Racing GM-helm