Digital Flag Panel Bakal Diuji Coba di MotoGP Portimao 2021

Digital Flag Panel |Foto: The Race

BalapMotor.Net – Meski penggunaan Digital Flag Panel baru wajib digunakan di MotoGP musim 2022. Namun teknologi Digital Flag Panel tersebut bakal diuji coba di gelaran MotoGP Portimao pada 18 April 2021.

Jadi nantinya setiap sirkuit yang menjadi tuan rumah MotoGP pada musim 2022 wajib memasang panel T1 atau T2 dengan arahan dari FIM dan FIA untuk meningkatkan visibilitas dan informasi mengenai kondisi lintasan guna meningkatkan keselamatan.

Dengan total 22 Digital Flag Pane bakal di install di Algarve International Circuit. Pastinya panel tersebut mempunyai teknologi tinggi dan memiliki kecerahan 64.000 candela per meter persegi jadi dipastikan tetap terlihat disegala cuaca.

SSS Racing

Pada gelaran MotoGP Portimao 2021 tersebut bakal ada kombinasi panel T1 dan T2. Dimana panel T1 digunakan di area run-off dan straight dan T2 menutupi seluruh sirkuit. Panel T1 dan T2 bini memiliki perbedaan dalam dimensi dan kinerja yang disesuaikan dengan kebutuhan sirkuit yang berbeda.

Controller Digital Flag Panel |Foto: MotoGP

Digital Flag Panel akan diintegrasikan sepenuhnya ke dalam sistem kontrol balap MotoGP saat ini. Itu artinya panel tersebut akan dikontrol oleh Race Controller. Ini akan memungkinkan mereka mengubah status panel seluruh sirkuit secara instan.

Lebih lanjut setiap panel memiliki konsol yang akan dioperasikan oleh marshal untuk bendera kuning lokal dan insiden sektor. Marshals akan diberikan pelatihan lengkap tentang cara menggunakan panel baru sebelum race digelar.

Posisi panel di sekitar lintasan akan ditentukan oleh Petugas Keselamatan MotoGP dan FIM memastikan bahwa panel tersebut ditempatkan pada garis mata alami pengendara sepanjang putaran.

GM-helm PARD