Debut Can Oncu di Moto3 Buat Dovizioso Kagum, Diprediksi Bakal Jadi Bintang MotoGP di Masa Depan

debut-can-oncu-di-moto3-buat-dovizioso-kagum-diprediksi-bakal-jadi-bintang-motogp-di-masa-depan
Dovi kagum dengan kemenangan Can Oncu di Valencia } Foto: autosport
Yamaha Bpro Racing

BalapMotor.Net – Can Oncu musim depan bakal turun satu musim penuh sebagai pembalap tim Red Bull KTM Ajo. Ternyata pada debutnya di Moto3 Valencia lalu, membuat Dovizioso kagum.

Turun sebagai wildcard, pemuda berusia 15 tahun ini langsung meraih kemenangan, padahal sebelumnya ia hanya turun di kejuaraan Red Bull Rookies Cup. Kemenangan yang diraih ini terbilang luar biasa, start dari grid kedua dan dalam kondisi basah, Oncu berhasil mengalahkan Jorge Martin yang menyabet gelar juara dunia.

Padahal Oncu sendiri minim pengalaman balapan di Grand Prix, berkat kemenangannya itu Oncu berhasil memecahkan rekor pembalap termuda yang meraih kemenangan milik Scott Redding 10 tahun lalu.

debut-can-oncu-di-moto3-buat-dovizioso-kagum-diprediksi-bakal-jadi-bintang-motogp-di-masa-depan
Debutnya di Moto3 diwarnai dengan kemenangan | Foto: autosport

Andrea Dovizioso pun memprediksi Can Oncu bisa menjadi bintang MotoGP pada masa mendatang, melihat potensi dan bakatnya, ditambah usianya yang masih sangat muda, bukan tidak mungkin ia juga bisa meraih gelar juara dunia di kelas tertinggi tersebut.

“Seperti sesuatu yang tidak nyata, ia tampil begitu mengejutkan karena bisa menangani kondisi yang sulit dengan sangat baik, padahal ia masih minim pengalaman di Grand Prix. Dia mampu mengatasinya seorang diri, itu adalah hal yang luar biasa,” ucap Andrea Dovizioso.

“Kami sudah memiliki banyak pengalaman, tetapi ketika berada dalam situasi yang sulit, kami pikirkan banyak hal bahkan hingga yang terburuk. Saya tidak tahu apa yang ia pikirkan sepanjang race, tetapi dia tampil begitu cepat dari awal hingga akhir. Dia begitu cerdas, mampu mengendalikan semua situasi dengan caranya sendiri,” papar Dovi. [DK]

SSS Racing GM-helm