Brembo Hadirkan Kaliper Berbeda di MotoGP 2020, Tujuannya?

Penampakan kaliper depan Brembo dengan sirip untuk pendinginan | Foto : MotoGP
GM-helm

BalapMotor.Net – Meskipun gelaran balap MotoGP musim 2020 belum juga dimulai, tapi membahas mengenai balapan ini tetap saja menarik. Pada akhir tahun 2019, tepatnya pada tes akhir musim, beberapa teknologi baru untuk kuda pacu MotoGP mulai diperkenalkan.

Salah satu yang juga menarik adalah Brembo yang menampilkan desain kaliper rem depan terbarunya.Brembo yang sudah dikenal kualitasnya dan menjadi andalan hampir semua pacuan di MotoGP mencoba tes kaliper depan yang berbentuk tidak lazim.

Kali ini pada kaliper tersebut terdapat sirip-sirip yang bisa dikatakan mirip dengan sirip pada head dan blok silinder motor berpendingin udara. Tujuannya tentu saja untuk mendinginkan kaliper rem yang suhunya bisa sangat tinggi saat digunakan.

Pada motor harian saja, jika kita habis melakukan perjalanan dan banyak melakukan pengereman pasti piringan cakram motor kita bakalan panas, apalagi untuk pacuan MotoGP. Suhunya sendiri mencapai 200 Derajat Celcius.

Nah, agar suhu stabil pastinya Brembo mengembangkan kaliper dengan sirip-sirip seperti pada foto tersebut. Mengenai apakah kaliper ini akhirnya digunakan atau tidak pada balapan musim ini, kita tunggu saja gelaran MotoGP dimulai. | Luvo

SSS Racing