Belgia Berencana Menggelar MotoGP 2024, Spa Francorchamps Berbenah

Yamaha

BalapMotor.Net  Belgia berencana menggelar balap MotoGP pada tahun 2024. rencananya akan dihelat di sirkuit Spa Francorchamps. Sirkuit kebanggan warga Belgia yang terletak di Stavelot, Belgia atau arah tenggara dari ibu kota negara yakni Brussels.

Setelah sebelumnya Motorcycle Grand Prix terakhir kali digelar pada tahun 1990 di track Spa Francorchamps ini. Hmmm kira-kira seri/negara manakah yang akan tergusur dari kalender MotoGP tahun 2024 jika Spa Francorchamps ini telah rampung berbenah dan dinyatakan FIM aman untuk balap motor? Ataukah mungkin akan confirmed MotoGP digelar sebanyak 21 Seri dalam semusim di masa depan?

Memang sirkuit Spa Francorchamps kurang familiar dimata racing lovers, sirkuit sepanjang 7 Km yang berlokasi di perbukitan Ardennes ini merupakan salah satu sirkuit terpanjang selain Nurburgring Nordschleife (kurang lebih 25 Km) tentunya. Merupakan salah satu sirkuit yang tricky karena memiliki ketinggian permukaan lintasan yang sangat beragam khas track di pegunungan.

Spa Francorchamps juga memiliki karakter cepat dengan rata-rata kecepatan yang tinggi tiap sektornya. Menurut website asal Belgia, 7sur7, pihak pemerintah provinsi Wallonia berencana menggelar balap ketahanan FIM EWC pada 2022 dan juga mereka ingin mengembalikan MotoGP di tahun 2024. Menurut informasi pihak sirkuit telah diberikan pinjaman sebesar €29,5 juta (Rp 470 milyar) untuk renovasi seluruh bagian track seperti membuat jalur Run off area sehingga cukup aman untuk balap motor, dimana pinjaman tersebut didapatkan dari agen pengembangan bernama Walloon SOGEPA.

Spa Francorchamps harus sedikit direnovasi untuk menyesuaikan standarisasi keamanan sebuah sirkuit yang menggelar balapan sepeda motor. Karena sirkuit ini terakhir kali menggelar balap motor yang bertajuk 24 Heures de Liège (Balap motor endurancetahunan Belgia) pada tahun 2004 dan itupun balapannya dibatalkan dengan alasan faktor keselamatan, dan setelahnya tidak ada balapan motor di sirkuit tersebut hingga kini.

Bicara tentang Motorcycle Grand Prix (sebelum bernama MotoGP) di sirkuit Spa Francorchamps ini setidaknya sudah pernah digelar sebanyak 40 kali antara tahun 1949 sampai terakhir tahun 1990. Kecuali pada tahun 1980 dimana GP Belgia dipindah ke sirkuit Zolder dan juga tahun 1987 balap GP Belgia dibatalkan karena alasan safety.

Menarik karena dalam rentang waktu selama itu tentunya kecepatan motor MotoGP jauh perbedaannya, sudah barang pasti faktor keselamatan menjadi prioritas. Apalagi tikungan legendaris Spa Francorchamps seperti Eau Rouge yang memiliki blindspot di bagian exit corner dan juga Blanchimont yang merupakan tikungan high speed ke kiri, yang dinilai berbahaya bagi sepeda motor balap.

so, apakah sirkuit ini akan benar-benar lolos standarisasi FIM dan bisa masuk ke dalam kalender MotoGP sesuai dengan yang direncanakan. kita tunggu saja mas bro |fajar

 

SSS Racing GM-helm