Ban Depan Lama Akan Hadir Kembali di MotoGP Mugello

Ban depan kode 70 Michelin digunakan di Mugello dan sisa balapan musim ini | foto: gpone
Yamaha

BalapMotor.Net – Komisi keselematan MotoGP adakan pertemuan jelang GP Le Mans, kali ini membahas soal akan digunakannya ban depan versi lama di GP Mugello dan seterusnya. Keputusan diambil setelah membandingkan ban depan yang sekarang dengan versi 2016, dan akhirnya pilihan jatuh pada ban tahun lalu yang memiliki kode 70.

Dengan ini semua pembalap dipastikan akan menggunakan ban versi 2016 saat balapan di Mugello dan di sisa musim ini. Komisi keselamatan MotoGP sudah memutuskannya, namun terkait hal ini belum ada pernyataan resmi yang dikeluarkan.

Dorna, selaku promotor MotoGP, memutuskan untuk mempublikasikan berita tersebut melalui situs resminya, dengan sebuah video dan bukan konferensi pers, dan tidak dipublikasikan secara bebas. Tidak ada konferensi pers terkait keputusan ini.

Video mengenai pembicaraan antara Race Direction Loris Capirossi dan bos Michelin Nicolas Goubert saat berbicara mengenai keputusan tersebut, tidak dapat dilihat secara gratis dan hanya dapat dilihat oleh mereka yang membayar “videopass” di laman resmi motogp.com.

Keputusan mengenai digunakannya ban lama bisa dilihat di videopass motogp.com | foto: gpone

“Kami telah lakukan voting dari 23 pembalap yang berada di grid, hasilnya 20 pembalap memilih ban versi lama, dengan suara mayoritas ini akhirnya kami memutuskan untuk menggunakan ban versi lama,” kata Loris Capirossi selaku Race Direction.

“Dorna inginkan semua pembalap untuk lakukan tes terhadap ban versi 2016 dengan kode 70 saat di Jerez, seperti apa yang telah dikatakan oleh mayoritas pembalap, ban versi ini lebih menawarkan stabilitias dan sedikit pergerakan ketika masuk di tikungan. Ini perbedaan kecil, saya pikir ini hanya sebuah evolusi,” kata Nicolas Goubert selaku bos Michelin. (Deni)

SSS Racing