Balapan di Usia 40 Tahun, Valentino Rossi: Itulah Tantangannya

balapan-di-usia-40-tahun-valentino-rossi-itulah-tantangannya
Balapan di usia 40 tahun, Rossi anggap ini tantangannya | Foto: Crash
Yamaha

BalapMotor.Net – Balapan di usia yang akan menginjak 40 tahun tentu bukanlah hal mudah, disaat pembalap di eranya memutuskan pensiun, dirinya masih tetap bersaing dengan para pembalap muda. Siapa lagi kalau bukan Valentino Rossi, pria kelahiran Urbino, 16 Februari 1979, masih turun di ajang MotoGP, baginya ini adalah sebuah tantangan yang menarik.

Tak tanggung-tanggung, meski sudah tak muda lagi Rossi masih memiliki berambisi untuk bisa meraih gelar juara dunia di sisa waktunya bersaing di ajang MotoGP. Meski dirasa sulit, tetapi peluang untuk meraih itu masih terbuka lebar.

“Sayangnya dalam waktu dekat saya akan berusia 40 tahun, saya sudah cukup tua sekarang. Tapi itulah tantangan yang menarik bagi saya, untuk tetap menjadi kompetitif di usia yang sudah tak muda lagi,” ucap The Doctor dikutip dari laman crash.net.

Rossi jadi satu-satunya pembalap yang masih turun di kelas premier saat era modern. Meski begitu dirinya berharap ada pembalap yang juga akan berkarier di MotoGP hingga waktu yang lama. Kuncinya adalah punya motivasi dan keingingan yang kuat.

“Saya pikir tak menutup kemungkinan di masa mendatang ada pembalap yang berkarier di dunia balap hingga waktu yang lama. Terpenting adalah harus punya motivasi, dan keinginan yang kuat. Saya masih terikat kontrak dua musim, musim ini dan musim depan. Ini tentu tidak mudah untuk bersaing di papan atas, tetapi saya akan mencobanya,” papar Rossi.

The Doctor pun beberkan rahasia menjaga kondisi kebugaran tubuhnya saat memasuki usia 40 tahun. Ia mengakui bahwa kondisi fisiknya jauh berbeda ketimbang saat masih berusia 25 tahun. Namun, ia siasati hal ini dengan rajin berlatih, baik di luar maupun di dalam sirkuit.

“Yang harus saya lakukan sekarang adalah terus berlatih setiap hari dengan motor ditambah gym. Saya pikir memang tak ada yang beda ketika berusia 40 tahun dengan 36 tahun, tetapi jelas terlihat perbedaannya ketika 40 tahun dengan saat masih 25 tahun. Namun begitu, semuanya masih mungkin meskipun usia terus bertambah, yang harus dilakukan adalah berlatih keras,” lanjut Rossi. [DK]

SSS Racing GM-helm