Aprilia Siap Gunakan Chassis dan Gearbox Baru di Balapan Selanjutnya

Aprilia gunakan Chassis dan Gearbox baru di balapan selanjutnya | foto: motorsport

BalapMotor.Net – Aprilia akan menggunakan chassis dan gearbox pada balapan selanjutnya. Pabrikan asal Italia terus lakukan perbaikan dan pengembangan pada motor RS-GP sejak diperkenalkan pada awal musim 2016. Termasuk memodifikasi secara besar-besaran di musim ini yang siap dipasangkan gearbox baru.

“Ini adalah salah satu hal terbesar pada musim ini,” kata pembap utamanya Aleix Espargaro. “Transmisi jauh lebih ringan, lebih cepat, dan mulus. Ini sudah cukup bagus. Mereka sudah mencobanya di dyno tes, yang rencananya siap digunakan untuk balapan di Mugello dan Barcelona. Tetapi kia masih belum tahu. Ketika di uji coba mungkin berjalan baik, tetapi mungkin ada hal yang tak terduga kemudian,” tambahnya.

Bergabung bersama dengan Aprilia dari Suzuki, Aleix Espargaro mampu finish di urutan keenam saat di GP Qatar dan kesembilan di GP Jerez, sebuah hasil yang cukup baik, namun sayang harus gagal finish akibat kecelakaan di GP Argentina dan GP Austin.

SSS Racing

Bersama dengan rookie dan rekan setim Sam Lowes, pembalap Spanyol itu berharap untuk memperbaiki grip front-end pada tunggangannya. Karena itu Aprilia bersiap untuk hadirkan set-up terbaru dengan chassis yang juga baru, tetapi mungkin Esparagaro akan sedikit sulit saat hadapi balapan di Le Mans nanti.

“Kami memindahkan banyak pusat gravitasi. Kami banyak mengubahnya dari musim lalu dan kami tidak bisa melangkah lebih jauh. Jadi, kami membangun sasis baru dan saya rasa ini sangat menarik bagi kami,” ucap Espargaro.

“(Chassis baru) bekerja sangat cepat. Cukup berbeda dan memungkinkan kita untuk memindahkan lebih banyak bobot dan keseimbangan motor. Akan menyenangkan jika bisa memakainya di Mugello, karena ini trek yang sangat menarik dan penting,” tambahnya.

Usai gagal jalani tes privat di Mugello sebelum hadapi GP Austin dan GP Jerez, Aleix Esparagaro tampak bersemangat usai jalani serangkaian tes di Le Mans pekan lalu, tentunya hal ini dilakukan sebagai langkah persiapan Aprilia hadapi MotoGP Perancis.

“Kami sangat, sangat cepat dan feeling sangat baik. Saya tidak sabar untuk balapan di sini (Le Mans), karena trek ini sangat cocok untuk Aprilia,” kata Aleix Esparago berbicara soal sirkuit Le Mans. (Deni)

GM-helm PARD