Apakah Alasan Yamaha Pilih Garrett Gerloff Ketimbang Toprak Razgatlioglu Sebagai Pengganti Valentino Rossi di MotoGP Eropa 2020?

Garrett Gerloff |Foto: Instagram
GM-helm

BalapMotor.Net – Garrett Gerloff berpeluang besar gantikan Valentino Rossi yang hampir dipastikan absen pada MotoGP Eropa 2020 di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia akhir pekan ini (6-8 November 2020).

Pasalnya, pembalap berkebangsaan Italia tersebut masih dinyatakan positif Covid-19 sampai dengan Selasa (3/11/2020) lalu. Sementara test PCR terbaru yang diambil pada Rabu (4/11/2020), hingga kini hasilnya masih belum keluar.

Nama Garrett Gerloff sudah ditunjuk sebagai pengganti, jika Rossi berhalangan balapan lagi. Garrett Gerloff merupakan pembalap muda asal Amerika Serikat, yang tahun ini balapan di World Superbike bersama tim GRT Yamaha.

Gerloff tampil cukup mengesankan sebagai rookie di musim 2020 ini dan sempat dijagokan untuk naik ke tim utama, Pata Yamaha, sebelum kalah dari Andrea Locatelli yang jadi juara WorldSSP 2020.

Garrett Gerloff Tak Kalah Mengesankan Ketimbang Toprak Razgatlioglu |Foto: Instagram

Meski penampilannya di WorldSBK 2020 bagus, banyak pihak yang mempertanyakan kenapa harus Gerloff yang dipilih untuk menggantikan Valentino Rossi. Pasalnya, Yamaha memiliki beberapa nama nama besar yang sarat akan pengalaman yakni Toprak Razgatlioglu hingga Jorge Lorenzo.

Lantas, kenapa bukan Toprak Razgatlioglu yang dipilih? Alasan utamanya adalah soal sponsor, dimana Toprak Razgatlioglu disponsori Red Bull yang merupakan rival sponsor utama Yamaha MotoGP, Monster Energy.

Sementara itu, nama lain seperti Michael van der Mark yang berpengalaman dengan YZR-M1 juga sudah menyeberang ke BMW Motorrad jadi tidak bisa dipakai lagi jasanya.

Jadi sponsor pribadi juga sangat berpengaruh yah gaes. Tambahan informsi lagi bahwa Monster Energy juga berasal dari Amerika Serikat, so pasti pengin ridernya dari sono juga, hehehe.

 

SSS Racing