Andrea Dovizioso Tidak Yakin Soal Aturan Baru Penggunaan Winglet di MotoGP Australia 2020, Alasannya?

Foto: MotoGP
GM-helm

BalapMotor.Net – Aturan baru tentang aerodinamika atau winglet telah dikeluarkan oleh Dorna selaku penyelenggara MotoGP. Yang unik dari aturan tersebut merupakan tim diperbolehkan melepas winglet di MotoGP Philip Island Australia 2020.

Aturan diperobolehkannya melepas winglet di MotoGP Philip Island 2020 karena alasan keamanan. Langkah ini dikeluarkan karena ditundanya sesi Qualifikasi MotoGP Philip Island 2019 karena hembusan angin kencang yang membahayakan.

Jadi ketika winglet dilepas, hal tersebut tidak boleh merubah desain fairing yang telah didaftarkan untuk satu musim penuh. Pastinya pelepasan winglet harus disetujui oleh race direction terlebih dulu.

Andrea Dovizioso di MotoGP Philip Island 2019

“Saya tidak mengerti siapa yang mengatakan membalap tanpa winglet di Phillip Island lebih baik. Saya tidak yakin tentang itu. Saya pikir winglet menjaga bagian depan tetap rendah, dan itu jauh lebih baik dalam kondisi berangin.” kata orang Italia itu.

“Yang pasti ada hal-hal negatif tentang winglet karena ketika berjajar dengan pembalap lain mungkin sedikit bahaya dan motornya lebih berat. Aku tidak tahu apakah perubahan aturan itu akan memengaruhi atau tidak mengubah apa pun di Phillip Island.”

Sementara pembebasan sayap saat ini hanya berlaku untuk seri Philip Island Australia. Race direction diberikan keleluasaan menilai evet seri lain untuk melakukan hal serupa jika ditemukan juga permasalahan safety akibat hembusan angin yang terlalu cepat. |Fajar

SSS Racing