Alvaro Bautista Akui Kesulitan Jinakan Honda CBR1000RR-R, Ini Alasannya!

Aksi Alvaro Bautista Diatas Honda CBR1000RR-R |Foto: WorldSBK
GM-helm

BalapMotor.Net – Pada sesi test pra musim WorldSBK musim 2020, Alvaro Bautista pertama kalinya mencoba motor baru Honda CBR1000RR-R. Pembalap HRC tersebut akui kesulitan jinakan  Honda CBR1000RR-R.

Pada hari pertama Alvaro Bautista mengalami crash di tikungan 6 dalam kondisi trek basah. Meskipun rekan satu timnya ddi honda yaitu Leon Haslam tampil cukup mulus karena jadi yang tercepat di hari pertama.

Bukan berarti hal serupa berlaku buat Bautista. Ternyata pergantian motor dari Ducati Panigale V4 R ke CBR1000RR-R tidak semudah yang dibayangkan.

“Yakin, tidak mudah tes terutama kami di fase memulai dari motor baru jadi kami harus tetap berkembang dan kondisi ini sulit,” kata Bautista yang dilansir dari Crash.net.

“Aku cukup senang karena Honda bekerja bagus, di musim dingin mereka kerja keras dan di hari pertama tes pada kondisi basah ini penting untuk mengambil data,” kata Bautista.

Foto: WorldSBK

Menurutnya motor ini benar-benar baru, jadi tidak ada referensi apapun sebelumnya. Ditambah Bautista cukup kesulitan soal gaya balapnya, karena perbedaan konfigurasi mesinnya.

“Bagiku, sangat beda dengan motor yang kugunakan sebelumnya karena aku memakai mesin V4 dan ini adalah inline 4,” kata Bautista.

“Jadi aku harus beradaptasi soal gaya balapku dan memahami kekuatan dari mesin semacam ini, tapi secara umum kami harus mencari tempat bagus untuk bekerja dengan baik,” tegasnya.

Selain tahun lalu Bautista memakai Panigale V4 R, Bautista juga memakai mesin V4 selama 7 tahun terakhir di MotoGP, yaitu Honda, Aprilia, dan terakhir Ducati. Pastinya feeling Bautista diatas mesin berkonfigurasi V4 sudah tak diragukan lagi. |Fajar

SSS Racing