Alex Rins Tercepat di FP2 MotoGP Malaysia, Marc Marquez dan Maverick Vinales Waspada Dengan Suzuki

alex-rins-tercepat-di-fp2-motogp-malaysia-marc-marquez-dan-maverick-vinales-waspada-dengan-suzuki
Marc Marquez puji penampilan Alex Rins dan Suzuki di FP2 | Foto: autosport
Yamaha Bpro Racing

BalapMotor.Net – Marc Marquez memuji penampilan Alex Rins juga Suzuki. Berhasil jadi yang tercepat di FP2 kemarin (02/11), membuat Marquez yakin Suzuki sudah mampu bersaing dan disejajarkan dengan top pabrikan di MotoGP.

Tak hanya berhasil menjadi yang tercepat di FP2, Alex Rins bahkan berhasil mengalahkan best lap milik sang juara dunia Marc Marquez dengan selisih 0,093detik. Meski mampu tampil cepat, Marquez anggap Suzuki masih punya kelemahan, yaitu pada top speed.

Sepanjang musim ini Suzuki telah meraih tujuh podium, empat podium diraih Andrea Iannone dan tiga podium lagi diraih Alex Rins. Memang sejauh ini Suzuki belum hadirkan kemenangan, namun performanya patut jadi perhitungan.

“Bukanlah sebuah kejuatan (melihat Rins tercepat) – Suzuki bekerja dengan baik, saya pikir motor ini sudah siap menjadi penantang serius di kejuaraan. Saat dalam balapan mereka telah membalap dengan gaya yang sangat baik sejak Aragon (September lalu) sehingga motor ini kompetitif. Mereka sangat baik menghadapi tikungan,” ucap Marc Marquez.

“Mungkin yang menjadi titik lemah Suzuki ada di top speed, tetapi ketika Anda berada di belakang mereka, di tikungan sangat bagus. Mereka memiliki grip yang bagus di tikungan. Top speed memang mungkin bukan yang terbaik, tetapi akselerasinya sangat bagus,” tambahnya.

alex-rins-tercepat-di-fp2-motogp-malaysia-marc-marquez-dan-maverick-vinales-waspada-dengan-suzuki
Vinales anggap hal yang normal Rins jadi yang tercepat | Foto: autosport

Maverick Vinales yang berada di posisi keempat saat FP2 menjelaskan jika Suzuki mampu menjadi yang tercepat itu adalah sesuatu yang normal, karena mereka penampilannya sangat baik sejauh ini dan memiliki dua pembalap hebat.

“Dia tampil dengan sangat baik, saya tidak terkejut. Suzuki dalam kondisi yang bagus menghadapi balapan di Phillip Island, Jepang, Aragon jadi itu normal. Mereka memiliki dua pembalap hebat, jadi wajar bila Suzuki mampu bersaing di barisan depan,” kata Maverick Vinales.

“Saya ingat ketika musim 2016 (pertama kali mengendarai Suzuki), saat di FP3 tepatnya. Motor ini bekerja dengan sangat baik, jadi tidak hanya Marc dan Dovizioso yang akan tampil cepat sepanjang balapan nanti, Alex juga akan berada di sana,” lanjutnya. [DK]

SSS Racing GM-helm