Alex Rins Cedera, Tsuda Akan Jadi Penggantinya di Jerez

Alex Rins Cedera, Tsuda Akan Jadi Penggantinya di Jerez
Takuya Tsuda gantikan Rins di Jerez nanti | foto: motorsport

BalapMotor.Net – Takuya Suda akan gantikan Rins di Jerez nanti, Pembalap asal Jepang yang merupakan pembalap tes utama untuk tim Suzuki sejak kembali ke ajang balap MotoGP musim 2015 lalu, dan sudah merasakan motor Suzuki dalam sesi tes pra-musim di Valencia pada November tahun lalu dan di Sepang pada awal tahun ini.

Di Jerez nanti akan menjadi debut bagi pembalap Jepang turun di ajang MotoGP, sementara itu Alex Rins diharuskan menepi setelah mengalami patah tulang pada pergelangan tangan kirinya pada sesi latihan bebas ketiga di Austin, sabtu lalu.

Tsuda sendiri dijadwalkan untuk berangkat ke tempat berlangsungnya balapan di Spanyol untuk jalani tes pasca balapan. Pada tahun 2016, Tsuda pernah ambil bagian pada kejuaraan Superbike Jepang, dimana ia menjadi runner-up saat itu. Pembalap berusia 31 tahun ini juga merupakan bagian dari tim Suzuki untuk ajang balap ketahanan Suzuka 8 Hours.

SSS Racing

Alex Rins mengawali musim pertamanya dengan dua kali alami cedera, yang membuatnya tak bisa ikut balapan di dua seri berturut-turut, baik di GP Qatar dan GP Argentina, hal ini yang membuat Rins gagal bersinar, padahal sepanjang tes pra-musim Rins jadi salah satu rookie yang menjanjikan.

Pembalap utama Suzuki dikabarkan akan melewatkan banyak seri di Eropa pada musim pertamanya di MotoGP, cedera yang dialaminya nampak parah sehingga harus jalani masa pemulihan yang cukup lama, diperkirakan Rins membutuhkan waktu pemulihan enam sampai delapan minggu, untuk kondisinya fit 100%. Meski sudah pulang ke Barcelona, Rins belum jalani operasi patah tulangnya, mengingat kondisinya yang masih membengkak. (Deni)

GM-helm PARD