Suzuki Harus Stabil Jika Ingin Bersaing di Musim Depan

Suzuki harus stabil jika ingin bersaing di MotoGP 2017 | foto: motorsport

BalapMotor.Net – Bos tim Suzuki Davide Brivio mengatakan kalau sebagai salah satu tim pabrikan dengan target yang tinggi, Suzuki harus mampu tampil stabil di sepanjang musim 2017. Di musim keduanya setelah sempat absen tiga musim penampilannya menjanjikan, bahkan Suzuki telah berhasil mendapatkan kemenangan pertamanya sejak 2007 dengan Maverick Vinales di GP Inggris September lalu.

Menghadapi musim 2017 Suzuki akan memiliki dua pembalap baru, setelah Vinales memutuskan hijrah ke Yamaha dan Aleix putuskan hengkang ke Aprilia. Musim depan Suzuki akan andalkan Andrea Iannone dan Alex Rins.

“Kami tidak pernaha mengatakan kami ingin menang dalam waktu tiga tahun, atau lima tahun, atau apapun,” kata Brivio kepada Motorsport.com. “Jelas kami ingin menjadi pesaing juara sesegera mungkin, targetnya adalah mendekati Ducati dulu, baru mendekati Yamaha dan Honda. Kami akan berusaha memenangkan lomba dan mendapatkan podium,” tambahnya.

Yamaha

Musim 2016, Suzuki berhasil mencetak 56,37% dari perolehan poin Honda, ini jauh lebih baik dibandingkan dengan musim 2015 yang hanya mencapai angka 33,66%. Brivio mengatakan kalau dirinya puas dengan apa yang diperoleh Suzuki terlebih bisa mempertipis jarak dengan Honda dan Yamaha.

“Saya pikir kami harus puas dan senang dengan apa yang telah kita lakukan,” kata Brivio. “Kami tidak benar-benar perbaiki target, tapi harapan itu ada apalagi setelah berhasil menang di Silvestone, prestasi yang fantastis. Kami mendapatkan empat podium, tetapi sasaran kami adalah untuk bersaing di papan atas, dan itu sudah tercapai,” jelas sang Bos.

Musim ini memang jadi yang paling baik buat Suzuki, dan Vinales jadi aktor utamanya dimana penampilan pembalap muda Spanyol ini dapat menghasilkan kemenangan dan mampu berada di posisi empat klasemen akhir. Musim depan, Suzuki berbeda dengan pembalap baru, namun sang bos berharap Suzuki mampu tampil stabil dan bersaing. (Deni)

SSS RacingGM-helm